InternasionalPeristiwa

Kali Pertama Dalam Sejarah, Seni Golok Indonesia Akan Luncurkan Buku THE GOLOK

JAKARTA, Literasidepoknews.com – Seni Golok Indonesia (SGI) akan meluncurkan buku THE GOLOK yang berisi tentang Sejarah, Jenis jenis Golok, Laboratorium material carbon besi, Filosofi, sampai tekhnik menggunakan golok dalam pencak silat . Buku the Golok ini adalah kali pertama dalam sejarah golok dunia yang rencananya buku tersebut akan dibuat dengan Versi 3 bahasa Dunia yaitu bahas Italia, Inggris dan Indonesia

Buku yang ditulis kali pertama dalam sejarah dunia itu akan digarap oleh SGI dan di tulis oleh seorang penulis dari Italia yang bernama Linda Turturici yang akan melakukan riset dan expedisi secara Nasional di daerah-daerah yang mempunyai sejarah golok.

Kepala dirpolairut Polda Banten, penasehat utama team riset dan edukasi the golok Kombes Pol Nunung Syaifuddin, S.Ik, MM yang juga merupakan Kepala Ditpolairud Polda Banten

Penasehat utama Team The Golok, Kombes Pol Nunung Syaifuddin, S.Ik, MM yang juga merupakan Kepala Ditpolairud Polda Banten melalui rilis yang disampaikan oleh SGI kepada redaksi media Literasidepoknews.com, Senin (1/07/2019), mengatakan, ” kami akan mendukung penuh kegiatan penyusunan buku the golok ini, karena merupakan salah satu bagian dari sejarah Seni Budaya indonesia yang harus di lestarikan, Ucap Kombes Nunung .

Ketua Team The Golok Ariyanto SH (Ki Kumbang) yang juga Guru Besar Seni Golok Indonesia menjelaskan , “Kami akan melakukan Riset terhadap Golok golok bersejarah peninggalan Kerajaan-kerajaan yang ada di Nusantara, seperti peninggalan era Kesultanan Banten, Kesultanan Cirebon, kerajaan Sumedang, Kerajaan Singosari, Kerajaan Mataram dan lain lain, ungkap panglima kumbang .

Ketua umum SGI, Aunur Rofiq Lil firdaus atau yg dikenal Opick Tombo ati, juga mengatakan , bahwa dibuatnya buku the golok in adalah wujud nyata dari organisasi Seni Golok Indonesia (SGI) untuk menjaga dan melestarikan golok- golok bersejarah tanah air.

Pembina SGI, KomJen. Pol. Dr. H. Mochammad Iriawan, S.H., M.M., M.H,

Ditambahkan oleh Pembina SGI, KomJen. Pol. Dr. H. Mochammad Iriawan, S.H., M.M., M.H, dirinya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mencintai seni budaya warisan leluhur agar warisan yang sangat berharga ini tidak hilang begitu saja. Ucapnya.

Sementara itu Ketua tim narasumber buku the golok Mohammad Rizal Arubusman,akan melakukan komunikasi dan berkoordinasi dengan seluruh komunitas pelestari golok di seluruh Indonesia untuk berdiskusi dan berbagi materi dalam buku ini. Sedangkan tim literasidepoknews.com sebagai tim management media .(RahmatLDN)

Rahmat Budianto

Lahir Kota Depok 14-03-1972 aktif menjadi jurnalis sejak 2004 dibeberapa media mingguan Nasional Wakil pemimpin redaksi di media online Kepala perwakilan Sumatera Selatan, Redaktur pelaksana di Trans online, Pendiri Media online lokal Literasidepoknews.com Sampai saat ini aktif menjadi jurnalis Organisasi ; Ketua DPC PWRI kota Depok Pendiri dan AnggotaTAGANA Dinsos kota Depok THN 2006-2015 Relawan Indonesia FKPM(Polmas) Lemdiklat Secapa Polri 2006 Pengurus PPM kecamatan Beji THN 2006-2011 Olahraga ; Pencak silat , sepak bola dll

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: