sejarahWisata

Misteri Sumur Ghaib Banyu Mudal Pengasinan Depok

Arman Supandi bersama Juru kunci Sumur Banyu Mudal Engkong Suaib.

DEPOK, Sawangan. Literasidepoknews.com – Misteri Sumur Ghaib Banyu Mudal Pengasinan Sawangan Kota Depok membuat penasaran tim media Literasidepoknews.com demi untuk menguak misteri tempat situs sejarah dan untuk kepentingan publik tim media literasidepoknews mencoba menelusuri keberadaan sumur ghaib tersebut , berawal dari kunjungan awak media ini di Keday Nduy jalan raya Tanah Baru , Selasa (9/07/2019) pukul 18’00wib . Secara tidak sengaja bertemu dengan Kong Suaib (119thn) asal pengasinan kota depok , saat bincang ringan bersama Arman Supandi owner Keday Nduy terkait Usaha Kecil Menengah Mikro (UMKM) Arman Supandi mengenalkan pria sepuh yang sedang berkunjung di kedainya kepada kami.

Menurut Arman Supandi Kong Suaib berumur 119 tahun, mendengar umur yang terbilang langka membuat kami terusik dan penasaran untuk mengetahui siapa lelaki sepuh ini sebenarnya, apakah benar beliau berumur 119 tahun.

Ibu Nunung cucu pangeran Sakeh bersama suaminya engkong Suaib merawat sumur banyu mudal selama 60 tahun.

“bagaimana kabarnya bang?, oh ya kenalkan ini enkong saya, beliau sudah sepuh tetapi pendengaran dan matanya masih bagus loh”, ujar bang Arman yang akrab di sapa dengan panggilan Bang Enduy ini ramah .

Enkong Suaib tinggal di pengasinan , dekat rumahnya ada sebuah sumur yang di sebut Banyu Mudal, biasanya setiap malam tertentu banyak tamu yang datang untuk mandi atau sekedar cuci muka disana , tentunya dengan mengikuti tatacara yang dituntun oleh Kong Suaib , kalo abang mau wawancara silahkan mampir kerumah, kita juga bisa bincang-bincang seputar Sumur Mudal yang belum banyak diketahui keberadaannya , barangkali misteri sumur tersebut dapat terungkap dan bisa diketahui masyarakat luas. Imbuh bang Arman.

Raut wajah enkong Suib bin Haji Saiyan terlihat datar namun teduh pertanda beliau seorang yang polos dan ikhlas dalam berbuat , kepada awak media ini beliau mulai menjelaskan ,” Lahir saya bulan September 1901, seingat saya di tahun 1908 kehidupan kami di depok ini masih sangat sulit , saat itu usia saya 7 tahun saya pernah mengalami kelaparan yang luar biasa , Tutur kakek yang memiliki 54 orang cucu, 18 uyut dan 7 orang cicit ini.

ASAL USUL SUMUR BANYU MUDAL

Air banyu mudal tidak dapat bercampur dengan air hujan. Jika kita minum air sumur banyu mudal rasanya seperti rasa minum sprite ,tidak panas dan tidak berbau.
Pimpinan redaksi LiterasiDepokNews.com saat akan mencoba minum air banyu mudal yang seperti rasa sprite dilokasi sumur satu , dinamakan sumur banyu mudal perempuan.

Kembali kepada misteri sumur Banyu Mudal, engkong Suaib menuturkan, “Sebelum ada dunia ada air , hanya air beku , lalu singkat cerita Allah SWT menciptakan bumi dan langit untuk manusia, setelah itu diciptakan pertama adalan hewan dinamakan sibiru, baru kemudian diciptakan manusia . Yang terhebat dari air pusar bumi di pulau Jawa ini ada 3, yang pertama Jawa timur , Jawa tengah, dan Jawa barat. Menurut bahasa melayu banyu itu artinya Aer (Air.red). Air ini disebut air pusar bumi, walaupun saat musim kering air banyu mudal tidak pernah mengalami kekeringan dan di waktu musim hujan pun air banyu mudal tidak pernah tercampur dengan air hujan yang meluap dari kali yang ada didekatnya. Tutur engkong Suaib .

Sumur Banyu mudal ada 3 bagian yaitu di Jawa timur, Jawa tengah dan Jawa barat , air yang ada di sumur tersebut tidak pernah kering atau banjir walaupun musim hujan. Menurut sumber yang dapat dipercaya, dipinggir sumur tersebut seperti ada yang menghalangi sehingga air banyu mudal tidak dapat bercampur dengan air hujan. Jika kita minum air sumur banyu mudal rasanya seperti rasa minum sprite ,tidak panas dan tidak berbau.

PANGERAN SAKEH PENEMU SUMUR BANYU MUDAL PENGASINAN

Sumur banyu mudal ini pertama ditemukan oleh pangeran Sakeh Karang Asem Citereup Bogor, Pangeran Sakeh adalah Kakek dari ibu Nunung istri engkong Suaib . Lalu di teruskan oleh Haji Siun, Haji Ma’mun, pak Muhi lalu di lanjutkan uleh ibu Eneng bin Bantong yang saat itu berusia 17 tahun sampai beliau berusia 141 tahun , dari ibu Eneng inilah engkong Suaib mendapat perintah untuk melanjutkan merawat sumur banyu mudal. Ungkap kakek panjang usia ini.

Sumur bayu mudal kedua memiliki 5 sumber pusatr bumi , dinamakan sumur banyu mudal laki-laki.

TIGA ORANG PRESIDEN INDONESIA YANG PERNAH MANDI DI SUMUR BANYU MUDAL

President pertama Indonesia Ir . Sukarno di tahun 1945 pernah dimandikan langsung disumur tersebut oleh engkong Suaib, lalu Presiden ketiga Indonesia Gusdur , dan Presiden kelima Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
Selain itu jika masyarakat sekitar mengalami sakit mereka mandi di sumur banyu mudal. Alhasil mengalami kesembuhan berkat kemuliaan ( karomah) dari Allah SWT yang diberikan pada air tersebut.

Jika mandi disumur banyu mudal tidak boleh mengajak istri orang atau melakukan perselingkuhan , karena permohonannya kepada Allah dengan cara melakukan ritual disumur tersebut tidak akan berhasil. Pengunjung yang datang ke tempat ini banyak berasal dari berbagai daerah. Punkas Engkong Suaib (RahmatLDN).

Rahmat Budianto

Lahir Kota Depok 14-03-1972 aktif menjadi jurnalis sejak 2004 dibeberapa media mingguan Nasional Wakil pemimpin redaksi di media online Kepala perwakilan Sumatera Selatan, Redaktur pelaksana di Trans online, Pendiri Media online lokal Literasidepoknews.com Sampai saat ini aktif menjadi jurnalis Organisasi ; Ketua DPC PWRI kota Depok Pendiri dan AnggotaTAGANA Dinsos kota Depok THN 2006-2015 Relawan Indonesia FKPM(Polmas) Lemdiklat Secapa Polri 2006 Pengurus PPM kecamatan Beji THN 2006-2011 Olahraga ; Pencak silat , sepak bola dll

Related Articles

2 Comments

  1. Terima kasih untuk LDN, yang telah memberikan informasi dan menjadi suatu kebanggaan bagi masyarakat Depok , bahwa begitu banyak situs sejarah dan budaya yang masih tetap terjaga dan terlestarikan, sehingga menjadi identitas masyarakat Depok yang tetap menjunjung tinggi nilai2 budayanya di zaman modern/digital seperti sekarang ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: